Minggu, 24 Maret 2013

= "Be part of #PoetryDay today at World Heritage Aranjuez (12 photos)"

Salah satu Puisi Ki Wijanarko yang berjudul TUMBUHAN saya upload di "Be part of #PoetryDay today at World Heritage Aranjuez (12 photos)"
Semoga PUISI MATARAM bisa sedikit memberikan kontribusi pada kegiatan yang diprakarsai oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO)'s
----------

TUMBUHAN

Tanaman tumbuh untuk siapa ?
Alam semesta dicipta, siapa yang menikmati manfaatnya ?
DIA sudah mengatakan bahwa tidak ada ciptaanNya yang tercipta sia-sia, pasti ada manfaat dan kegunaannya...

Orang Barat berkata " You Use Me ", untuk menggambarkan seseorang yang memperalat orang lain
Apakah hubungan kita dan Alam, khususnya dengan tanaman dan tumbuhan juga didasari oleh prinsip " You Use Me " ?
Tentu saja tidak !!!

Kita adalah manusia
Akal, cipta, karsa, rasa, budi pekerti menyatu dengan kita

Tentu saja, sebagai manusia yang hidupnya ditopang oleh tumbuhan dan tanaman, seyogyanya mengucapkan terimakasih kepada tanaman dan tumbuhan tersebut

Mendekat kepada tanaman dan tumbuhan, menciptakan hubungan yang harmonis dan indah dengan mereka, sehingga akan terjalin hubungan yang saling mengisi
Itulah yang disebut dengan "menyatu dengan alam", Hamemayu Hayuning Bawana, Back To The Nature.

Jadi sah-sah saja jika aku membaca puisi di taman-taman kota, di ladang-ladang, atau ditengah sawah, bahkan di tengah hutan, karena aku ingin menjalin persaudaraan dengan alam
Sehingga Sang Alam menjadi nyaman dan tentram karena merasa dihormati eksistensinya

Sesekali, beberapa kali bolehlah aku berpuisi di dalam Gallery-Gallery yang indah, yang ditonton oleh manusia yang banyak, dan itu pernah aku alami berpuluh kali pameran karya-karyaku baik di Indonesia maupun di Eropa dan Amerika.

Kini aku ingin dekat dengan Alam, aku juga ingin dekat dengan denyut nadi akar rumput, rakyat jelata, merasakan susah dan resahnya hati mereka, sebagaimana apa yang pernah aku rasakan tentang hati dan jiwa mereka beberapa puluh tahun yang lalu.

Jadi, hidup itu sesungguhnya sangat sederhana saja, yaitu saling memberi dan menerima, " Take and give "

by : ki wijanarko
23 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar